Rabu, 13 Oktober 2010

Laporan dan Refleksi Dekan Fakultas Teologi UKIT (8 OKTOBER 2009 – 11 OKTOBER 2010)


Disampaikan oleh Dekan dalam
Ibadah Syukur Perayaan Dies Natalis ke-48
FAKULTAS TEOLOGI UKIT.


Empat puluh delapan (48) tahun perjalanan Fakultas Teologi Universitas Kristen Indonesia Tomohon ( 7 Oktober 1962 – 7 Oktober 2010) kita rayakan pada hari ini Senin, 11 Oktober 2010. Pada 7 Oktober 2009, kita telah mencatat berbagai hal yang telah dialami oleh lembaga kita ini, baik hal yang membanggakan maupun hal yang telah menyebabkan kemandegan dalam hal mengikuti tuntutan pendidikan tinggi secara nasional. Bagi kita civitas Fakultas, para orangtua mahasiswa, para alumni dan bahkan jemaat-jemaat GMIM serta masyarakat pada umumnya telah sangat mengetahui apa yang telah dan masih terus digumuli oleh lembaga ini sebagai bagian integral dari Universitas Kristen Indonesia Tomohon, yang saya catat sebagai hal yang memandegan seperti tersebut di atas.
Memasuki tahun 2010, sangat kuat harapan kita, agar kemadegan itu tidak terus terjadi. Kuatnya harapan itu terutama karena pada bulan Maret 2010 diadakan Sidang Majelis Sinode GMIM. Hasilnya kita semua sudah tahu. Di atas kertas, harapan kita terjawab. Tetapi sampai kini harapan itu tak kunjung terealisasi. Meski demikian, karya dan juang seluruh civitas Fakultas dalam kebersamaan dengan Fakultas-Fakultas se-UKIT dan tentu saja dalam kepemimpinan Rektor Pdt.Dr.R.A.D.Siwu,MA,Ph.D. serta para Pembantu Rektor, tak pernah surut apalagi berhenti. Semua ini kita lakukan, karena memang kita tidak boleh berhenti untuk melaksanakan amanat gereja (GMIM) dan tuntutan pendidikan tinggi nasional.
Kita mempunyai agenda besar dalam dua tahun ke depan ini. Agenda itu ialah Akreditasi Nasional. Pemerintah terus mensosialisasikan bahwa tahun 2012 semua pogram studi dan institusi pendidikan tinggi sudah harus terakreditasi. Itu berarti tahun 2011 semuanya sudah harus dalam proses. Bila tidak terakreditasi, maka institusi tersebut tidak boleh mengeluarkan ijazah. Dalam rangka itu pula, maka para dosen sudah harus bergelar minimal S2 dan mempunyai Jabatan Fungsional Akademik (Jafa) dari pemerintah. Tentang hal ini, lembaga kita ini telah dapat memenuhi persyaratan untuk segera memohon akreditasi itu. Syarat itu antara lain profil dosen, administrasi akademik dan kemahasiswaan, sarana prasarana. Tetapi satu hal yang harus segera diselesaikan ialah permasalahan internal.
Atas semua kenyataan yang kita alami bersama (lihat lampiran-lampiran) selang setahun ini, maka saya mengajak kita semua untuk bersyukur kepada TUHAN Allah di dalam Yesus Kristus dan oleh kuat kuasa Roh Kudus, telah dan sedang menuntun serta memberdayakan kita. Mari kita terus berdoa dan bergandengan tangan dalam memperjuangkan apa yang kita yakini ‘benar’. Saya yakin dengan cara ini maka perjuangan kita akan membawa hasil. Sekaligus pada saat yang sama bila kita tahu apa yang ‘tidak benar’ mari kita tanggalkan itu.
Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh civitas : dosen, mahasiswa dan pegawai atas ketekunan, kerja keras dan keberanian dalam melaksanakan tanggungjawab kita masing-masing di lembaga ini dalam suasana yang sulit sekalipun. Terima kasih kepada para orangtua mahasiswa yang terus mempercayakan lembaga ini untuk menjadi tempat pembelajaran anak-anak tercinta. Terima kasih kepada Pengurus Forum Orangtua Mahasiswa (FOM) yang selalu berusaha untuk menjadi komunikator antara orang tua dan lembaga ini bahkan yang turut membantu penggalangan dana. Terima kasih kepada para alumni yang terus mendukung lembaga ini dengan antara lain memberi diri menjadi dosen luar biasa, mendoakan baik secara langsung maupun melalui email, telpon/hp dan facebook, juga memberi bantuan dana baik secara langsung maupun tidak langsung. Terima kasih kepada pimpinan gereja-gereja asal mahasiswa yang terus merekomendasikan anggota jemaatnya untuk kuliah di tempat ini bahkan yang terus menerima mahasiswa melaksanakan praktek lapangan baik dalam program PPL (Praktek Pengenalan Lapangan) maupun praktek mata kuliah Homiletika-Liturgika. Terima kasih kepada Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM sebagai representasi dari jemaat-jemaat GMIM dalam ‘memperhatikan’ lembaga yang didirikannya ini. Terima kasih kepada pemerintah kota Tomohon yang terus mendukung kami dalam hal keamanan kampus dan kepemilikan aset milik gereja.


Selamat bagi kita semua. Pakatuan wo pakalawiren.



Tomohon, 11 Oktober 2010
Dekan/Ketua Senat Fakultas Teologi UKIT,



Pdt. Karolina Augustien Kapahang-Kaunang, M.Th


Lampiran 1 : Bidang Akademik

• Kegiatan rutin pembelajaran di kelas, pembimbingan skripsi sesuai dengan jadual yang sudah ditetapkan/disetujui.
• Kuliah Intensif Akta IV :
- periode Juni - Agustus 2010 : 26 peserta
• Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) mengambil lokasi di: GKI Sorong, GMIST Tahuna, GMIBM Bolmong Utara dan Bolmong dan diikuti oleh 26 mahasiswa.
• Kuliah Kerja Nyata (KKN UKIT) Satgas Kampus berjumlah : 70 mahasiswa.
• Kursus Intensif Bahasa Inggris periode Juli-Agustus 2010 diikuti oleh 40 Mahasiswa (sem. II, IV & VI)
• Seminar Hasil Penelitian dilaksanakan sebanyak 6 kali:
- 28 November 2009 : 1 orang
- 28 Februari 2010 : 8 orang
- 27 Maret 2010 : 15 orang
- 29 Mei 2010 : 8 orang
- 26 Juni 2010 : 5 orang
- 25 September 2010 : 17 orang
• Ujian Stratum Satu dilaksanakan sebanyak 3 kali:
- 31 Oktober dan 2 November 2010 : 66 orang
1 orang non skripsi dan 22 orang skripsi
- 30 April & 1 Mei 2010 : 36 orang
3 non skripsi dan 32 skripsi
- 16 Agustus 2010 : 18 orang
1 non skripsi dan 17 skripsi
• Kuliah Semester Antara 2010 diikuti oleh 13 mahasiswa dengan 14 Dosen Pengajar.
• Laporan EPSBED 2009.2 sedang dalam proses penyelesaian.
• Jumlah lulusan Semester Ganjil dan Genap 2009/2010 : 122 orang. Lamanya studi :
14-15 semester : 23 orang
12-13 semester : 12 orang
10-11 semester : 47 orang
8-9 semester : 14 orang

Lampiran 2 : Bidang Administrasi Umum
- Berakhirnya masa tugas (kontrak) sebagai dosen kepada Pdt. Saartje Lumopa-Pandaleke, S.Th dan Pdt. Agustinus Lumopa. S.Th oleh karena itu telah diberikan Sertifikat sebagai tanda terima kasih.
- Semester Ganjil 2010/2011 direkrut dosen tidak tetap sebanyak 8 orang.

Lampiran 3 : Bidang Kemahasiswaan
- Kegiatan Konvokasi Perwalian dan Umum dilaksanakan sesuai dengan jadual
- Program bersama PD3 dan Pimpinan Lembaga Kemasiswaan (DEM/DPM)
- Mahasiswa yang terdaftar di Semester Ganjil 2010/2011 : 279 orang (perinciannya lihat lampiran 7)
- Pelaksanaan Konsultasi Nasional Mahasiswa Teologi Indonesia (KMNTI) yang diselenggarakan oleh PERSETIA bertempat di kmapus UKIT pada 2-4 November 2009.
- Dalam rangka penggalangan dana, telah diadakan Malam Sabda dan Nada pada tanggal 16 Mei 2010 yang dirancang dan diselenggarakan oleh Panitia yang ketuanya adalah Pdt.Marhaeni Tumiwa-Mawuntu, S.Th.M.Si/ PD 3; Sekretaris : Jimmy Kapoh/Ketua DPM; Bendahara : Tricia Besouw, S.Teol (Staf Bagian Keuangan).
- Dalam rangka sosialisasi penerimaan mahasiswa baru, telah dibentuk Tim Kerja yang terdiri dari Ketua: Pdt. Marhaeni Tumiwa-Mawuntu, S.Th.M.Si/ PD 3; Sekretaris : Lerry Umboh/Sekretaris DEM dan Para Anggota.

Lampiran 4 : Sarana Prasarana dan Hubungan Masyarakat
Memiliki 9 unit Asrama
Memiliki 17 unti Rumah Dosen.
Memiliki 12 Tanah
Memiliki 4 Telaga

Layanan internet : - warung internet
- Blogspot: http://fakultasteologiukit.blogspot.com
- website : www.fakultasteologiukit.net

Lampiran 5 : Program Terpadu/Pengutusan

1. Dalam rangka menyongsong pelaksanaan SMS GMIM di Tondano, telah dilaksanakan : - ibadah meditatif dan reklektif dalam Konvokasi pada setiap hari Rabu selang bulan Februari dan Maret. Hal ini sejalan dengan kebijakan tentang pelaksanaan Konvokasi pada setiap Rabu (lihat program Kemahasiswaan). – retreat dosen, pegawai dan pimpinan lembaga kemahasiswaan pada tanggal 5-6 Maret 2010 bertempat di Nyiur Melambai Resort Kamasi. Kegiatan ini telah dirancang dan dipimpin oleh Tim Kerja yang terdiri : Pdt.A.F.Parengkuan, D.Th (koordinator), Pdt.Maria Politton-Assa, S.Th,M.Min, Roy M.Langoy, S.Th.
2. Dalam rangka melanjutkan dan meningkatkan program Pertukaran Mahasiswa antar Sekolah Teologi di Sulawesi Utara, maka telah dilaksanakan Pertukaran Mahasiswa dengan Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng pada tanggal 15 – 20 Februari 2010. Untuk pertama kali juga turut dalam prpgram ini ialah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado
3. Dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan wawasan di bidang Sejarah Gereja, maka berdasarkan undangan dari ICCO dan Kerk in Actie Netherlands telah diutus Sdr. Max Edward Tontey.M.Teol mengikuti Seminar Arsip Gereja di Belanda pada tanggal 8-9 April 2010.
4. Dalam rangka persiapan Pemilihan Dekan dan Para Pembantu Dekan sesuai dengan Kalender Kerja yaitu bulan April 2010, maka telah dikeluarkan SK Panitia Pemilihan yang terdiri dari Ketua : Pdt. Agustinus Lumopa, S.Th, Sekretaris: Rima Hamid-Lombogia, M.Teol, Anggota : Denni H.R.Pinontoan, S.Th. Namun, atas terbitnya SK Rektor tentang Perpanjangan Masa Jabatan Dekan dan Para Pembantu Dekan, maka pekerjaan Panitia ini belum dapat dilanjutkan.
5. Dalam rangka peningkatan ketrampilan Pegawai dalam hal pengisian Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED), maka berdasarkan undangan dari Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Teologi Kristen Kementrian Agama, telah diutus sdr. Delvis Zatmiko, M.Teol mengikuti Pelatihan Data Base dan EPSBED di Makassar pada tanggal 4-7 Mei 2010.
6. Dalam rangka peningkatan kualitas perpustakaan, maka berdasarkan undangan Forum Pustakawan dan Perpustakaan Teologi di Indonesia, sdr. Roy M.Langoy S.Teol mengikuti Semiloka Perpustakaan Teologi di Jakarta pada tanggal 22-23 Juni 2010.
7. Dalam rangka peningkatan kualitas dosen, maka berdasarkan program ATESEA yaitu Teacher’s Academy bagi para dosen yang bermasa kerja di bawah 10 tahun, maka Pdt.Vera Solung-Loupatty, M.Teol diterima untuk menjadi peserta program ini. Kegiatan ini berlangsung tanggal 5-10 Juli 2010 di Manila.
8. Dalam rangka mengikuti Konsultasi Pendidikan Teologi Indonesia Timur dan Rapat Umum Anggota PERSETIA di Jayapura Papua, 24-30 Juli 2010, maka telah diutus Pdt. Telly Dj.Mewengkang-Momongan, Th.M/Ketua Prodi PAK, Denni H.R.Pinonoan, STh/Dosen, Jan Kalampung/Ketua DPM dan Dekan.
9. Dalam rangka mengikuti Konsultasi Nasional Pekabaran Injil (KONAS-PI) yang diselenggarakan oleh Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) pada tanggal 20-22 Juli 2010 di Surabaya, telah diutus Pdt.Marhaeni Tumiwa-Mawuntu,S.Th.M.Si.
10. Dalam rangka mengikuti Konsultasi dengan Badan Akreditasi Nasional dan Perguruan Tinggi Teologi/Agama Kristen Wilayah Tengah dan Timur Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama pada tanggal 3-4 September 2010 di Cisarua, Bogor, telah diutus Dekan.
11. Yayasan Pelita Kasih Abadi (PEKA) Manado bekerjasama dengan Perpustakaan FTeol UKIT dalam program Digitalisasi Koran Lokal Mando Pos dan Komentar. Atas kerjasama ini, Perpustakaan mendapatkan copy file elektonik seluruh koran lokal termasuk Tribun Manado, Swara Kita, Posko, Media Sulut.
12. Perpustakaan sedang menyiapkan dan mengumpulkan digitalisasi bahan-bahan kuliah dalam gambar dan video.
13. Dalam rangka mengikuti Konsultasi dengan Badan Akreditasi Nasional dan Perguruan Tinggi Teologi/Agama Kristen Wilayah Tengah dan Timur Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama pada tanggal 3-4 September 2010 di Cisarua, Bogor, telah diutus Dekan.
14. Dalam rangka program studi lanjut dosen, maka dua orang dosen yaitu Pdt.Marhaeni Tumiwa-Mawuntu, S.Th.M.Si dan Pdt.Vera Solung-Loupatty,M.Teol sedang dalam persiapan untuk mendapatkan sertifikat TOEFL. Pembiayaan studi ini sudah diajukan dan mendapat tanggapan positif melalui Asosiasi Sekolah-Sekolah Teologi di Asia Tenggara (ATESEA) untuk direalisasikan pada tahun 2011 dan 2012.
15. Dalam rangka mengikuti Konsultasi Nasional tentang Gereja dan HIV/AIDS yang diselenggarakan oleh PGI bertempat di Maumbi-Manado pada tanggal 21-26 September 2010, telah diutus Pdt.Vera E.Lintong-Burhan, M.Teol, Rima Hamid-Lombogia, M.Teol, Pdt.I Wayan Johny,M.Teol,M.Si.
16. Dalam rangka mengikuti Seminar Agama-Agama (SAA) yang diselenggarakan oleh Litbang PGI bertempat di Ciawi Bogor pada tanggal 4-6 Oktober 2010 telah diutus Pdt.Drs.G.E.W.Kumaat,S.Th.M.Si dan mahasiswa Sdr. Rizart Pauran.
17. Dalam rangka mengikuti International Consultation on Theological Education yang diselenggarakan oleh Protestan Church of Netherlands (PKN-Kerk in Actie-ICCO) bekerjasama dengan Fakultas Theologia UKDW, bertempat di Wisma Duta Kaliurang-Yogyakarta, 6-8 Oktober, telah diutus Dekan.
18. Tercatat 1 mahasiswa program SEAGST yang segera akan menyelesaikan studi S2nya. Sedangkan 1 orang yakni Pdt.William Kahiking sedang menunggu ijazahnya dari Manila.

Lampiran 6 : Data Mahasiswa : Jumlah, Jenis Kelamin, Asal Gereja

Semester I : 39 Mahasiswa
Laki-laki : 11 Mahasiswa
Perempuan : 28 Mahasiswa
Semester III : 36 Mahasiswa
Laki-laki : 11 Mahasiswa
Perempuan : 25 Mahasiswa
Semester V : 57 Mahasiswa
Laki-laki : 16 Mahasiswa
Perempuan : 41 Mahasiswa
Semester VII : 36 Mahasiswa
Laki-laki : 20 Mahasiswa
Perempuan : 16 Mahasiswa
Semester IX : 70 Mahasiswa
Laki-laki : 26 Mahasiswa
Perempuan : 44 Mahasiswa
Semester XI : 25 Mahasiswa
Laki-laki : 12 Mahasiswa
Perempuan : 13 Mahasiswa
Semester XIII : 16 Mahasiswa
Laki-laki : 7 Mahasiswa
Perempuan : 9 Mahasiswa

Gereja Pengutus : 16 Sinode.
Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), Gereja Masehi Injili di Sangihe Talaud (GMIST), Gereja Masehi Injili Talaud (GERMITA), Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM), Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM), Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST), Gereja Protestan Buol Toli-Toli (GPIBT), Gereja Masehi Injili Halmahera (GMIH), Gereja Kristen Indonesia di Tanah Papua (GKI-Papua), Gereja Protestan Indonesia (GPI) di Papua, Gereja Protestan Maluku (GPM), Gereja Protestan Indonesia di Gorontalo (GMIG), Gereja Kristen Luwuk-Banggai (GKLB), Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID), Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB), GJPI.


Lampiran 7 : Data Dosen: Nama Dosen/Bidang Studi Utama

DOSEN TETAP
No Nama Dosen Jab. Fungsional Bidang Studi
1 Assa, Maria., M.Min (Ny. Politton) Pastoralia
2 Burhan, Vera Elizabeth., M.Teol (Ny. Lintong) Assisten Ahli Pastoralia
3 Gara, John Nicolaas, Dr., MA. Lektor Ibadah
4 Kaunang, Karolina Augustien, M.Th (Ny. Kapahang) Lektor Dogmatika
5 Kaunang , Lientje, D.Th (Ny. Pangaila) Lektor Biblika PB
6 Kumaat, Gills Engelbert W., Drs., S.Th., M.Si Lektor Agama Masyarakat
7 Lahiwu, Bestintje., S.Th (Ny. Watti) Pastoralia
8 Lintong, Jonely Christy, D.Teol Assisten Ahli Agama-agama
9 Loupatty, Vera, M.Teol (Ny. Solung) Assisten Ahli Dogmatika
10 Lombogia, Rima N., M.Teol Pastoral
11 Lintang, Meiva, S.Th. (Ny. Salindeho) Biblika PB
12 Masalamate, Leonard, M.Teol * Biblika PB
13 Mawuntu, Marhaeni Luciana., S.Th., M.Si (Ny.Tumiwa) * Agama Masyarakat
No Nama Dosen Jab. Fungsional Bidang Studi
14 Momongan, Telly Djenny, Th.M (Ny. Mewengkang) * PAK
15 Parengkuan, Arnold Frederik, D.Th Lektor Sejarah Gereja
16 Pinontoan, Denni H. R.,S.Th Agama-agama
17 Politton, Laurens Johanes, S.Th Manajemen
18 Roeroe ,Willhelmus Absalom, Prof. Dr. Guru Besar Biblika PL
19 Setlight, Johana Paulina, M.Th (Ny. Pinontoan) Lektor PAK
20 Siwu, Richard Adolf Daniel, Dr. MA., Ph.D Lektor Misiologi
21 Sondakh, Johny J. G., M.Teol * Etika
22 Supit, Marthin, Th.M Assisten Ahli Etika
23 Tandiapa, Hellena Johana, M.Teol (Ny. Rumajar) Assisten Ahli Sejarah Gereja
24 Tangkudung, Magdalena H., Dra., M.Si (Ny. Kumaat) Lektor Agama Masyarakat

DOSEN STUDI LANJUT
No Nama Dosen Jab. Fungsional Bidang Studi
1 Ondang Kemerlien, S.Th., M.Th. *
(Studi Lanjut di PThU Kampen Netherland) Sistematika
No Nama Dosen Jab. Fungsional Bidang Studi
2 Wangkai, Ruth Ketsia (Ny. Awondatu) *
(Studi Lanjut di SEAGST-UKDW Yogyakarta) Agama Islam
* Jabatan Fungsional sedang dalam proses di KOPERTIS

DOSEN TIDAK TETAP
No Nama Dosen Bidang Studi
1 Damar, Alvin, S.Th Seni
2 I Wayan Jhony, M.Teol,M.Si Misiologi
3 Karundeng, Roikson, S.Th. Agama-Agama
4 Karundeng, Narwasty Vike, S.Th Biblika PL
5 Massie, Venly., S.Th Biblika PB
6 Sompe, Daan, M.Teol Dogmatika
7 Singal, Martje, Dra Pancasila
8 Tontey, Max Edward, M.Teol Historika

Lampiran 8 : Data Pegawai dan bidang kerja

No Nama Pegawai Bagian Kerja
1 Roy M. Langoy, S.Th Perpustakaan
2 Marry Tumundo, S.Teol Perpustakaan
3 Frida Mukuan Akademik
No Nama Pegawai Bagian Kerja
4 Delvis R. Zatmiko, M.Teol Akademik
5 Sandy Tambajong, S.Teol Akademik
6 Ramzes Ch. Ayawaila, M.Teol Sarana Prasarana, HUMAS & Kemahasiswaan
7 Ronald B. Rondonuwu, S.Teol Keuangan
8 Relsie H. Sinaulan, S.Teol Umum
9 Kartini A. Basintuwu, S.Teol Keuangan
10 Rachmawati J. Porawouw, S.Teol Akademik & Piket
11 Eduard Supit Satpam
12 Jefry Supit Satpam
13 John Taroreh Satpam
14 Vano Rares Satpam
15 Wesley Wilar Sopir
16 David Sondakh Dapur
17 Ny. S. Londah (Ny. Wollah) Dapur
18 Ny. J. Langi (Ny. Paat) Dapur
19 Ny. E. Sitompul ( Ny. Hengkengbala) Dapur
20 Ferry Worang Dapur
21 Hendrik Angouw Dapur
22 Elsye Mait Dapur


Lampiran 9 : Pimpinan/ Senat Fakultas

Pimpinan Fakultas Teologi UKIT
Periode 2006/2010
Dekan
Pdt. K.Augustien Kapahang-Kaunang, M.Th
Pembantu Dekan Bidang Akademik
Pdt. Lientje Pangaila-Kaunang, D.Th
Pembantu Dekan Bidang Administrasi & Keuangan
Dra. Magdalena H. Kumaat-Tangkudung, M.Si
Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan
Pdt. Marhaeni L. Tumiwa-Mawuntu, S.Th.,M.Si
Pembantu Dekan Bidang Sarana Prasarana & HUMAS
Pdt. Vera E. Lintong-Burhan, M.Teol

Ketua Program Studi Teologi Kristen Protestan
Pdt. M. Supit, Th.M
Sekretaris Program Studi Teologi Kristen Protestan
Pdt. Vera Solung-Loupatty, M.Teol
Ketua Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Pdt. Telly Dj.Mewengkang-Momongan, Th.M
Sekretaris Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Pdt. Leonard Masalamate, M.Teol

SENAT FAKULTAS TEOLOGI UKIT
PERIODE 2006/2010
Ketua : Pdt. K.A.Kapahang-Kaunang, M.Th
Sekretaris : Pdt. V. Solung-Loupatty, M.Teol
Anggota : Pdt. L. Pangaila-Kaunang, D.Th
Dra. M.H.Kumaat-Tangkudung, M.Si
Pdt. V. Lintong-Burhan, M.Teol
Pdt. M. L. Tumiwa-Mawuntu, S.Th., M.Si
Pdt. M. Supit, Th.M
Pdt. T.Dj.Mewengkang-Momongan,Th.M
Pdt. L. Masalamate, M.Teol
Pdt. Prof. Dr. Wilhelmus A. Roeroe
Pdt. Arnold F. Parengkuan, D.Th
Pdt. M. Politton-Assa, S.Th., M.Min
Pdt. J. Ch. Lintong, D.Teol.

Lampiran 10 : Pimpinan DPM/DEM Periode 2010/2011
Dewan Perwakilan Mahasiswa
Ketua : Yan O. Kalampung
Sekretaris : Steven Taebani

Dewan Eksekutif Mahasiswa
Presiden : Yonathan D. Kembuan
Wkl. Presiden : Merry Wenas
Sekretaris Jenderal : Apriany Andaria
Wakl. Sekretaris Jenderal : Grace Kaunang

Lampiran 11 : Pimpinan FOM 2010/2011
Ketua : Bpk. Johanis Tamunu
Wakil Ketua : Bpk. Marthen Tulung
Sekretaris : Drs. August F. R. Umboh
Bendahara : Bpk. David Sumuru
Wakil Bendahara : Ny. V. Lengkey-Malonda
Anggota : Ny. Komansilan-Pelleng
Ny. L. D. Kalalo-Kamagi
Ny. D. Ponto-Manuas
Bpk. Awuy
Nancy Rompas